logoblog

Cari

Sang Penyelamat Sejarah dan The Mother Of Mbojo

Sang Penyelamat Sejarah dan The Mother Of Mbojo

KM TNC. SELAMAT JALAN INA KA'U MARI. Ina Ka'u panggilan kecilnya merupakan putri dari Sultan Muhammad Salahuddin sultan Bima ke 15

Tokoh

KM. Tembe Nggoli
Oleh KM. Tembe Nggoli
20 Maret, 2017 08:35:14
Tokoh
Komentar: 0
Dibaca: 17277 Kali

KM TNC. SELAMAT JALAN INA KA'U MARI. Ina Ka'u panggilan kecilnya merupakan putri dari Sultan Muhammad Salahuddin sultan Bima ke 15 Dr Hj Siti Maryam binti Muhammad Salahuddin, Masyarakat Bima mendoakanmu semoga mendapatkan tempat yang layak di Sisi-NYA. Amin. Sabtu 18 Maret 2017 jam 16.00 Wita; Engkau menghembuskan nafas terakhir menghadap sang Khalik dalam keabadian. Masyarakat Bima terhentak kaget mendengar kabar Wafatmu; kami merasa kehilangan yang tak ada bandingnya; Engkau begitu berjasa melebihi siapapun dalam hidup kami sebagai DOU Mbojo.

Kami mengatakan bahwa Engkau adalah sosok Ibu yang sesungguhnya; Ibu yang mengajarkan kepada kami tentang pentingnya pendidikan; Engkau tidak hanya mengungkapkannya dengan kata-kata tapi juga memberi contoh nyata dalam tindakan dengan sukses meraih gelar tertinggi dalam jenjang pendidikan sebagai Doktor Filologi.

Ketika perempuan lain segenerasi denganmu tidak ada yang mengenyam pendidikan, maka engkaulah wanita pertama mengenyam pendidikan dan pelopor pendidikan bagi kaum hawa. Di saat Bung Karno berpidato di Sera Suba. Engkau menitip pesan agar para orang tua tidak lagi memingit anak perempuannya dan memberi kesempatan seluas-luasnya untuk mengenyam pendidikan untuk meraih cita-citanya setinggi langit.

Ina Ka'u, engkau adalah pahlawan kami; sang penyelamat sejarah Dou Mbojo. Tanpamu, sejarah Bima hanya menjadi cerita dan dongeng belaka. Engkaulah sosok yang paling berjasa dalam menyelamatkan dan menterjemahkan naskah 'Bo Sangaji Kai', meski disponsori oleh Pangeran Bernhard dari Belanda. Engkau juga yang menemani Henry Chambert Loir dalam menterjemahkan banyak Naskah Bima untuk dijadikan buku yang bisa kami baca sekarang.

Dan yang tak kalah monumentalnya lagi, Engkau bersama Haraldur Sigurdsson dari Amerika menemukan naskah yang menceritakan Dasyatnya letusan Gunung Tambora yang memusnahkan kerajaan Sanggar dan Pekat. Karyamu tentang sejarah dan Budaya Bima melebihi perempuan manapun dan siapapun. Bahkan menjelang ajalmu, Engkau masih menyisakan cita-cita untuk terus menerjemahkan naskah Bima untuk dibukukan. Dua impian yang belum Sempat Engkau Realisasikan adalah keinginanmu untuk membuat KAMUS Aksara Bima dan Menterjemahkan Bo Sultan Abdul Karim.

 

Baca Juga :


Ina Ka'u, selamat Jalan, kami akan selalu mengenang jasa-jasa mu yang luar biasa tersebut. Semoga kami dan generasi muda Bima dapat meneladani mu dan melanjutkan perjuangan muliamu. Kami sangat mengagumimu, karena Engkau Tidak seperti keluarga atau keturunan kerajaan Bima yang lain; Dari sembilan saudaramu tak ada yang memilih jalan pengabdian sepertimu; begitupun semua ponaan (kecuali Dewi Ratna Muchlisa, M.A), cucu dan keluargamu yang lain memilih jalan yang berbeda jauh darimu; mereka tidak begitu cinta terhadap ilmu dan pendidikan tinggi sepertimu. Sesungguhnya, hanya dengan Ilmu dan pendidikan lah kami mau menghormati dan meneladani mereka. Doa kami menyertaimu Ina Ka'u... Alfaatihah.

(Damar Damhuji) -05



 
KM. Tembe Nggoli

KM. Tembe Nggoli

Tembe Nggoli Community (TNC) Anggota Alamsyah (alamsyah_km@yahoo.com) Hp. 081237986726/ akun pribadi (Alamsyah) Facebook : Alamsyah KM/ twitter : @AlamsyahCS Alamat : Jl Sawo Kel Rabangodu Utara Kec Raba Kota Bima - NTB

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan