logoblog

Cari

Tutup Iklan

Sarjana Pertama NTB

Sarjana Pertama NTB

Setelah lulus di SMA Budi Utomo Jakarta, Siti Maryam (almh), melanjutkan pendidikannya di Fakultas Hukum UI (Universitas Indonesia). Wisuda tahun 1960

Tokoh

KM Samparaja
Oleh KM Samparaja
28 Agustus, 2017 17:40:28
Tokoh
Komentar: 0
Dibaca: 5449 Kali

Setelah lulus di SMA Budi Utomo Jakarta, Siti Maryam (almh), melanjutkan pendidikannya di Fakultas Hukum UI (Universitas Indonesia). Wisuda tahun 1960 juga merupakan wisuda pertama yg diadakan secara resmi di UI dihadiri presiden Soekarno. Seperti yang tertulis dalam buku Biografi beliau “Demi Masa”.

Selain sebagai Sarjana pertama NTB, Siti Maryam (almh) juga doktor tertua pertama yg pernah mendapatkan gelar doktor pada usianya 83 tahun di fakultas filologi UNPAD (universitas Padjadjaran). Banyak berbagai karya buku yang beliau tulis terutama kajian naskah-naskah lama Kesultanan Bima.

Siti Maryam dikenal sebagai seorang sejarahwan Bima, debutnya mengenai naskah mengantarkan nama beliau ke belahan dunia pernaskahan nusantara. Namun ada pendapat lain yang mengatakan bahwa sarjana pertama yaitu Haji Anwar Abidin, beliau dikatakan seorang dokter hewan NTB yang berasal dari Bima.

 

Baca Juga :


Dalam hal ini Siti Maryam merupakan wanita pertama yg memotivasi para wanita Nusa tenggara lainnya, bahwa pendidikan sangat perlu namun tidak harus meninggalkan tradisi leluhurnya. []



 
KM Samparaja

KM Samparaja

Komunitas Kampung Media Kota Bima Samparaja - Asakota Email : km.samparaja@gmail.com

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008 - 2017 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan