logoblog

Cari

Guru Ali, Musisi Gambus Sasak

Guru Ali, Musisi Gambus Sasak

Musik menjadi salah satu hiburan yang sering kita dengar di masa sekarang ini, baik dari musik modern maupun tradisional. Terlebihnya adalah

Tokoh

Firman PurnaWirawan
Oleh Firman PurnaWirawan
14 November, 2018 22:40:03
Tokoh
Komentar: 2
Dibaca: 9656 Kali

Musik menjadi salah satu hiburan yang sering kita dengar di masa sekarang ini, baik dari musik modern maupun tradisional. Terlebihnya adalah music tradisional yang menjadi karakter di setiap-tiap daerah. Sama halnya dengan musik sasak yang asli dari Lombok, dan kebetulan juga kali ini saya akan menulis tentang seorang musisi musik tradisional sasak Lombok zaman dulu yang di kenal dengan sebutan Guru ali.

Guru Ali adalah seorang musisi yang bertempat tinggal di Dusun Serewe Desa Pejanggik ini sering terlihat di depan pintu sedang memainkan alat musik tradisional Gambus ini. Beliau juga sering menyanyikan lagu lagu sasak lama yang tidak pernah di dengar bagi para pemuda seperti tanjung ringgit, buat ate, wayen angen, dan lagu sasak lama lainnya. Dan perlu kita tahu juga Guru Ali adalah salah satu pencipta lagu sasak yang akhir-akhir ini tenar di televise Lombok maupun youtube. Lagu sasak yang beliau ciptakan yang berjudul Awak Teburungan ini viewnya di youtube lumayan banyak.

Melihat musik tradisional yang sekarang memang sudah lumrah bagi orang tua, tapi untuk remaja memang kedengarannya kurang meyakinkan, mungin tidak semua remaja yang suka terhadap musik tradisional ini. Akan tetapi setidaknya ada yang menjadi penerus musik tradisional. Dan bagi kalangan remaja juga harus tau tentang alat musik tradisional ini, supaya beberapa tahun kedepan ada yang bisa menggantikan atau mengembangkannya. Kenapa remaja harus tahu tentang musik tradisional?? musik tradisional adalah sebuah lagu tentang mengetahui daerah-daerah. Itulah kenapa remaja harus tau, karena kita tahu juga setiap daerah memiliki musik traditional yang berbeda beda.

Kembali ke Guru Ali. Guru Ali ini ketika memainkan gambusnya, terasa ada sebuah hipnotis untuk pergi melihat indah suaranya alunan musiknya. Seperti ada suruhan ditelinga, terdengar sangat keras sambil menyaut nyaut dengan alunan musik gambus Guru Ali. Mungkin juga saya tertarik dan suka dengan musik tradisional sasak ini. Apalagi musik musik dahulu yang sudah lumrah untuk di perdengarkan.

Mengenal alat musik gambus,? Kita tahu gambus adalah alat musik yang paling mencolok atau penting di setiap grup musik sasak seperti kecimol dan cilokak ini. Alat musik Gambus ini menjadi karakter juga bahwa musik sasak seperti ini.

 

Baca Juga :


Dengan gambus ini juga orang-orang mendendangkan lagu-lagu daerah untuk mengisi waktu senggang dan sebagai pelepas lelah. Berangsur-angsur gambus ditambah dan dikombinasikan dengan alat musik lain sebagai pelengkap irama, melodi dan ritmis lagu-lagu yang dibawakan.

Dari Guru Ali ini ada pelajaran penting termasuk ilmu untuk saya, bahwa musik tradisional itu lebih di utamakan dari musik musik modern. Karena musik tradional adalah lagu daerah yang jangan sampai dihilangkan. Seperti halnya dengan hidup butuh perjuangan tapi harus melihat ilmu dahulu yang mulai di lupakan.



 
Firman PurnaWirawan

Firman PurnaWirawan

Nama saya Firman Purnawirawan. Saya kuliah di IAIN MATARAM dan masuk organisasi para sahabat yaitu PMII (Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia). Saya anak ke dua dari tiga bersaudara.

Artikel Terkait

2 KOMENTAR

  1. SAEPUL BAHRI

    SAEPUL BAHRI

    15 November, 2018

    memang mantaaap,


  • SAEPUL BAHRI

    SAEPUL BAHRI

    15 November, 2018

    memang mantaaap,


  •  
     

    TULIS KOMENTAR

    Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
     
    Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
     
    Tutup Iklan