Srikandi Terpilih Jadi Ketua Dewan

KM RUNGGU.-Sejarah perpolitikan di Kabupaten Bima diukir dengan tinta emas,

untuk pertama kalinya seorang wanita memimpin dewan. Pada pelantikan 25 September 2014, Murni Suciyanti terpilih sebagai ketua dewan sementara bersama Hj Indah Damayanti Putri dari Partai Golongan Karya.

Bagaimana kiprah Murni Suciyanti di dunia Politik, hingga mengantarkannya untuk duduk dikursi panas yang berlokasi di Jalan Gatot Subroto  No 2 Kota Bima

            Murni Suciyanti, lahir di Kota Bima pada tanggal 22 Mei 1972. Disunting oleh Ady Mahyudi  SE sehingga melahirkan putra putri sebanyak 5 orang. Yang sulung, M Aditya Ardin  saat sekarang  berkuliah di Universitas Trisakti Jakarta. Murni Suciyanti bergabung di Partai Amanat Nasional (PAN) Kabupaten Bima sejak tahun 2005, jabatannya sebagai wakil ketua V  urusan pemberdayaan perempuan.  “anak saya yang paling bontot berusia satu tahun, saya berputra putri sebanyak Lima orang,” ujar Murni panggilan sehari-harinya.

            Kiprah dunia politiknya dimulai tahun 2005, bersama suami berjuang merebut simpatisan PAN di Kota Bima dan Kabupaten Bima. Dengan pengalamannya itu, pada Pemilu tahun 2009 ikut mencalonkan diri di Dapil IV, namun  gagal untuk menuju Gatot Subroto No 2. Akan tetapi suaminya Ady Mahyudi  SE wakil Dapil IV, mampu merebut kursi dan duduk sebagai Wakil Ketua. “Kegagalan inilah yang membuat saya untuk terus berjuang, berkarya dan mengabdi untuk masyarakat Kabupaten Bima terutama masyarakat Daerah Pemilihan IV, kini sudah berubah menjadi Dapil V.” jelasnya.

            Pemilu 2014 mencoba bertarung kembali, dan berhasil. Masyarakat Kecamatan Palibelo, Belo, Wawo, Lambitu dan Langgudu mempercayakan dirinya untuk mewakili mereka di Dewan. Dirinya, sangat senang dan berbangga atas kepercayaan itu semua. Bahkan, menjadi motivasi bagi kaum perempuan untuk tidak menyerah dengan kondisi dan keadaan. “Kemenangan saya adalah kemenangan kaum hawa, dan kebanggan tersendiri dimana untuk pertama kalinya DPRD Kabupaten Bima dipegang kaum Jender,” Cerita Murni.

            Bersama suami, siang malam tak kenal lelah dan capek guna mengunjungi partisan. Walaupun berstatus Ibu Rumah Tangga, namun tak menghalanginya untuk berkarya di pentas politik. Murni Suciyanti hanya tamatan Sekolah Menengah Atas, telah menunjukkan jati diri sebagai politikus sejati. PAN sampai sekarang masih solit, buktinya tetap bertahan dengan 7 kursi. Dengan perolehan kursi itulah telah mengantarkan Partai Matahari terbit   memimpin legislative yang berkedudukan di Jalan Gatot Subroto No. 2 Kota Bima. “Kepercayaan ini tidak akan saya sia-siakan, silahkan kami dikawal,” Pungkas Murni. (RIS) - 01

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru