Lebih Dekat Dengan Gubernur dan Wakil Gubernur NTB

KM TNC. Tepat pada Rabu (19/09) Gubernur dan Wakil Gubernur NTB terpilih di lantik langsung oleh presiden RI Jokowi di Istana Bogor. Saat yang di tunggu-tunggu oleh warga NTB pada umumnya namun apakah masyarakat NTB sudah mengenal lebih dekat pemimpin yang akan menjabat hingga 2023 tersebut?.

Berikut profil sosok pemimpin baru provinsi NTB yang dirangkum dari bebagai sumber.
Gubernur NTB:

Dr. Zulkiefliemansyah atau yang akrab disapa Doktor Zul, lahir di Sumbawa NTB, tepatnya pada tanggal 18 Mei 1972.

Doktor Zul menempuh sarjana strata 1 di Universitas Indonesia (UI) yaitu di Fakultas Ekonomi tahun 1995. Untuk gelar S2 dan S3 Zukiflimansyah menempuh Gelar Master dan Doktornya tersebut di Inggris, tepatnya di University of Strathclyde, Glasgow, United Kingdom.
Tak hanya itu, selain pendidikan formal, Doktor Zul memiliki segudang pengalaman pendidikan di luar pendidikan formal diantaranya Harvard Business School, Harvard University , USA, Kennedy School of Government, Harvard University, USA, Institute for International Education, USA dan Institute of New Technology, United Nation University (INTECH/UNU), Maastricht, The Netherlands.

Selain itu, ia juga pernah menuntut ilmu di Dept. of Comparative Culture, Sophia University, Tokyo, Japan, Policy on Science, Research and Technology, University of Manchester, UK, University of Dundee, Scotland, UK dan Sadadeen College, Alice Springs, Northern Territory, Australia.

Gubernur NTB, Doktor Zul sebelum terpilih pernah menjabat menjadi anggota DPR RI periode 2004-2009 dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di komisi VII yang membidangi ESDM, Ristek, dan Lingkungan Hidup.

Pada periode 2009-2014 menjabar sebagai anggota DPR RI yang membidangi persoalan-persoalan Sumber Daya Energi dan Mineral, Lingkungan Hidup serta Riset dan Teknologi.

Sejak November 2011 pindah ke Komisi XI sebagai Wakil Ketua Komisi yang membidangi Keuangan, Perencanaan Pembangunan Nasional, Perbankan, Lembaga Keuangan bukan Bank.

Wakil Gubernur :

Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, M.Pd. Putri pasangan H. M. Djalaluddin, M.Sc dan Hj. Siti Rauhun Zainuddin Abdul Madjid. Ia lahir di Pancor, kabupaten Lombok Timur, 29 November 1968, menempuh pendidikan hingga mendapat gelar Doktor di Universitas Negeri Jakarta.

Sedangkan pendidikan S1 dan S2, ia tempuh di Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya dan Universitas Negeri Surakarta.

Sebelum menjabat Wakil Gubernur NTB, beliau merupakan General Foreman di PT. Newmont Nusa Tenggara (), Ketua DPRD Kabupaten Lombok Timur Periode 2009-2013 dan Rektor Universitas Hamzanwadi tahun 2012 hingga sekarang.
Kakak Kandung Gubernur NTB periode 2008-2018, Dr. TGH. Zainul Majdi ini, memiliki 3 anak yaitu H. Abdul Bassith Asdjazzi, Lc. (Mahasiswa S2 Tafsir Al Quran, Universitas Al Azhar, Mesir), Raania Amaani (Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia), dan Muhammad Nabiel Rahmany (Siswa TK Hamzanwadi, Selong).

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru